Tuesday 21 January 2020

5 Fakta Vantablack: Materi Terhitam Di Dunia !

Vantablack: Benda Tergelap Di Dunia - Vantablack atau nama aslinya Vertically Aligned Nano Tube Arrays merupakan zat atau materi tergelap yang berhasil dikembangkan oleh umat manusia. Vantablack sendiri dikembangkan oleh perusahaan Surrey Nanosystems pada tahaun 2014.

src: cbinsights.com

Zat ini awalnya dikembangkan untuk sistem kalibrasi blackbody satelit, tetapi karena tingkat kehitamannya sangat tingi bisa digunakan untuk aplikasi lainnya seperti mencegah cahaya yang tak diinginkan masuk ke dalam teleskop serta meningkatkan kinerja kamera infra merah baik di bumi maupun di luar angkasa.

  1. Vantablack menyerap cahaya yang  melintas dipermukaannya

    src: giphy.com
    Vantablack memiliki kemiripan dengan black hole di luar angkasa karena Vantablack bisa menyerap/ mengubah cahaya menjadi energi panas. Tak tanggung- tanggung, cahaya yang bisa diserap bisa mencapai 99%  Hal ini dikarenakan sifat dari Carbon Nanotube sendiri.
  2. Vantablack mengubah tampilan benda 3 Dimensi menjadi 2 Dimensi

    src: vice.com
     Vantablack pernah diujikan pada 2 topeng 3 Dimensi yang identik. Topeng 1 dilapisi dengan zat Vantablack, sedangkan topeng 2 tak dilapisi zat tersebut. Hasilnya adalah kita hanya melihat objek hitam 2 dimensi dan topeng 3 dimensi. Hal ini disebabkan karena Vantablack membuat tingkat reflektansi yang rendah pada objek yang dilapisi sehingga menghasilkan efek optik yang dapat menipu mata.
  3. Vantablack anti air

     

    Benda terlapisi Vantablack tak akan basah seperti permukaan daun talas meskipun disiram dengan air. Sehingga bisa dikatakan Vantablack memiliki sifat menolak air atau Hydrophobic.
  4. 1 Milyar Carbon Nanotube dalam 1 CM permukaan Vantablack 

    src: colourlex.com
    Sesuai dengan namanya (Vertically Aligned Nano Tube Arrays) Vantablack diciptakan dengan teknologi nano. Setiap partikel Vantablack memiliki ukuran 20 Nanometer atau 3.500 kali lebih kecil dari ukuran rambut manusia.
  5. Lisensi Khusus Penggunaan

    Src: hodinkee.com
    Arish Kapoor adalah seniman asal Inggris yang dapat lisensi khusus untuk penggunaan Vantablack versi spray S-VIS. Arish Kapoor mengaplikasikan Vantablack pada jarum menit jam tangan mewah Sequential One S110 Evo.  Vantablack spray S-VIS bisa digunakan pada berbagai macam jenis benda padat lainnya.

    Itulah sedikit fakta dari benda tergelap di dunia (Vantablack) saat ini. Semoga pemanfaatnnya semakin baik bagi kehidupan makhluk di bumi.
Previous Post
Next Post

0 comments: