Monday 2 January 2017

Instal Dual OS / Dual Boot


Assalamualaikum-Buat yang suka oprek2 OS laptop pasti sudah tidak asing dengan post kali ini. Bagi yang belum tahu, saya akan menjelaskan sesuai dengan pengetahuan saya. Dual Boot merupakan suatu cara memakai dua jenis OS yang berbeda dalam satu perangkat. Biasanya orang memakai dual boot karena mereka ingin mencoba hal2 baru atau bagi yang suka jaringan. Pasti mereka lebih menyukai menggunakan OS selain windows. Dengan memakai dual boot maka pengalaman kita menggunakan OS lain akan lebih banyak. Untuk post ini saya akan membuat laptop saya menjadi dual boot (windows 8 dan Ubuntu). Awalnya saya hanya memakai windows 8, dan saya akan membuat Ubuntu sbg OS keduanya. Berikut adalah carany:




1.Siapkan media installer yang telah berisi file ISO Ubuntu. medianya bisa berupa CD maupun USB live. Jika anda belum tahu cara membuat USB live sbg installer maka anda dapat melihatnya di postingan saya sebelumnya Membuat USB live.

2.Aturlah dulu partisi laptop anda. Buat partisi "Unlocatted" yang di gunakan nantik sebagai tempat OS Ubuntu. Masukkan media installer ke laptop anda. Atur laptop anda agar booting melalui USB live/ CD Installer di pengaturan BIOS laptop anda.



3.Lalu pilih nama OS yang akan anda pasang.


4.Akan ada pilihan "Try Ubuntu" dan "Install Ubuntu". Karena kita ingin install, maka kita pilih "Instal Ubuntu"


5.Tentukan Bahasa yang akan di gunakan dalam OS ini, saya akan memilih "English". Klik continue"


6.Pilih "I don't want to connect to a wi-fi right now". pilihan ini lebih saya rekomendasikan dari pada yang lain. karena jika kita tersambung ke jaringan, lalu ketika kita proses install dan jaringan terputus maka proses harus di ulang dari awal.


7. Pilih "Install third-party software". kita akan meng-install program aplikasi setelah proses insatal OS selesai.


8.bagian inilah yang paling penting. Anda pilih "Install Ubuntu Alongside Windows 8". Ini akan membuat ubuntu terinstall tanpa menghilangkan windows 8.


9.Pilih partisi tempat OS Ubuntu berada, jangan sampai partisinya sama dengan partisi windows 8. Biasanya jika kita ikuti poin-8 di atas maka partisi secara otomatis terpilih sehingga kita tidak repot-repot.


10.Tentukan zona anda berada


11. Pilih jenis keyboard yang anda inginkan. Saya memilih "English"


12.ISi Semua inputan dari nama sampai password. Saya pilih "Require my passsword to login" agar setiap akan masuk Ubuntu maka kita harus memasukkan password.


13. terakhir akan ada peng-install-an beberapa aplikasi secara otomatis, setelah selesai klik "Skip"



14. Anda akan di minta untuk me restart laptop anda. Ketika Laptop hidup maka akan muncul GRUB LOADER untuk menentukan OS yang akan di gunakan



Sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kekurangan dan kesalahan mohon kritik dan sarannya agar postingan ini lebih baik. Sampai berjumpa di postingan selanjutnya





Previous Post
Next Post

0 comments: