Wednesday 4 December 2019

Tekan Uang Belanja ! Ini 4 Cara Cek Tagihan Listrik

Listrik merupakan sumber energi yang sangat besar kebutuhannya dalam kehidupan masyarkat zaman sekarang. Semua sektor kehidupan membutuhkan listrik, mulai dari pendidikan, kesehatan, hiburan, transportasi maupun perniagaan.

pln.co.id


Kebutuhan yang besar ini menyebabkan besarnya permintaan pasokan listrik. Namun, pemerintah Indonesia belum mampu menyediakan listrik untuk seluruh konsumen. Hal ini yang kadang menyebabkan terjadinya pemadaman listrik secara bergilir. 

Penggunaan listrik yang tidak diperhatikan juga akan berdampak buruk terhadap pengeluaran bulanan rumahan. Oleh sebab itu, setiap konsumen haruslah memperhatikan pengeluaran pada listrik ini. Bagaimana cara memperhatikannya ? 

Sebelum kita membahas cara mengecek tagihan listrik. Kita harus ingat kembali bahwa ada dua jenis tagihan listrik, listik pra bayar dan listrik pasca bayar. 

Listrik Mati (Shutterstock)

Listrik Pra bayar lebih mudah mengontrol pengeluarannya karena setiap konsumen harus membeli pulsa atau token terlebih dahulu agar dapat menikmati aliran listrik, dan jika saldo pulsa listrik tinggal sedikit maka meteran listrik akan mengeluarkan suara "beep beep". 

Listrik Pasca bayar agak lebih susah mengontrol pengeluarannya karena setiap konsumen memakai aliran listrik terlebih dahulu dan membayar tagihan listrik pada tiap bulan. Hal ini menyebabkan banyak konsumen yang tidak memperhatikan jumlah KWH yang telah dipakai selama satu bulan. Sehingga terkadang, konsuemn tidak mengontrol penggunaan listrik dan menyebabkan tagihan listrik bulanan membengkak.

Pengontrolan pemakaian listrik pasca bayar dapat dilakukan dengan cara mengecek pemakaian listrik bulanan dengan cara-cara berikut ini.

Berikut ini merupakan empat cara mengecek tagihan listrik secara online !


1. Cek Tagihan Listrik dengan iPhone


Cek Listrik iPhone (App Store)
Pengguna iPhone yang ingin mengecek tagihan listriknya bisa menginstall aplikasi yang telah tersedia di App Store.

Aplikasi pengecek tagihan listrik di App Store adalah PLN Mobile, Info Cek Tagihan Listrik PLN dan Tagihan. PLN Mobile sendiri merupakan aplkasi yang resmi dari PT PLN.

Selain cek tagihan listrik, aplikasi PLN Mobile juga bisa untuk cek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran bangking, info status listrik, info progres permohon dan sarana pengaduan keluhan pelannggan.

2. Cek Tagihan Listrik dengan Android

Apps Cek Listrik PLN (play.google.com)

Cek tagihan listrik bukan hanya bisa dilakukan oleh pengguna iPhone, namun pengguna android juga bisa melakukannya.Sama seperti pengguna iPhone, anda bisa mengintsall PLN Mobile for Android  yang ada di Play Store.

Dengan aplikasi ini, pelanggan bisa menghubung pusat layanan 123 tanpa telepon biasa, dikarenakan telepon biasa digantikan oleh Voice Over Internet Protocol (VOIP)


3. Cek  Tagihan dengan Website

Cek Tagihan PLN (cekbill.com)

Jika anda tidak mau ribet menginstall aplikasi PLN Mobile di smartphone anda maka anda bisa mengunjungi website cekbill untuk mengcek tagihan listrik PLN.

Caranya adalah sebagai berikut :
  1.  Pilih menu Cek Tagihan Listrik, yang terdapat di sisi kiri halaman.
  2. Masukkan ID atau Nomor Pelanggan.
  3. Masukkan kode Anti Spam.
  4. Klik tombol Tagihan
  5. Tagihan listrik anda akan muncul beserta status pembayaran (sudah bayar atau belum bayar).


4. Langganan Email PLN


 
e-billing PLN (finansialku.com)


Cara terakhir cek tagihan listrik PLN adalah dengan cara berlangganan email PLN. 

Email PLN ini bisa didapatkan jika kita telah mendaftar di e-billing PLN. Anda bisa menghubungi via email di pln123@pln.co.id atau langsung menghubungi customer service  PLN di 123.


Diharapkan dengan mengcek tagihan listrik bulanan, kita bisa lebih berhemat untuk mengurangi penggunaan listrik dan menurunkan biaya pengeluaran bulanan. 

Referensi : https://www.finansialku.com/cara-cek-tagihan-listrik-pln-secara-online/


Previous Post
Next Post

0 comments: