Thursday 28 November 2019

Ayo Pasang ! 5 Aplikasi Keamanan Anti Maling untuk Smartphone

Pada zaman yang serba canggih ini, masyarakat memiliki tingkat mobilitas yang sangat tinggi. Masyarakat harus berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Hal ini disebabkan juga karena perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Salah satu teknologi yang menunjang mobilitas yang tinggi adalah Smartphone. Smartphone hampir tidak pernah lepas dari genggaman masyarakat sekarang, bahkan smartphone mengalahkan pentingnya dompet. Hal ini bisa dilihat dari masyarakat yang lebih khawatir ketinggalan smartphone ketimbang ketinggalan dompet. 

Foto : Hacker Noon


Sehingga bisa dikatakan, smartphone merupakan bagian dari tubuh dan jiwa masyarakat itu sendiri. Semua kebutuhan masyarakat hampir bisa diakses diakses melalui smartphone seperti komunikasi, transporasi, pembayaran, pekerjaan dan hiburan. Jika smartphone seseorang hilang  atau dicuri, maka ini sangat mengkhawatirkan. Yang dikhawatirkan bukan hanya tentang harga smartphone baru namun juga data yang terdapat di dalam smarphone tersebut. 

Oleh sebab itu, sebaiknya kita sebagai masyarakat yang pintar harus mengantisipasi pencurian smartphone. Bagaimana caranya ? Salah satunya dengan menginstall aplikasi keamanan smartphone. Aplikasi apa saja yang bisa mengamankan dari pencurian ? Contohnya adalah 5 aplikasi di bawah ini yang  bisa mengamankan smartphone agar tidak dicuri.


5 Aplikasi Smartphone Anti Maling

Berikut ini merupakan aplikasi anti maling, namun aplikasi hanya meminimalisir aksi pencurian dan hanya mengantisipasi aksi pencurian. Setidaknya dengan menginstall aplikasi anti maling ini, kita sudah berusaha. Berikut aplikasi anti maling untuk smartphone :


1. CrookCathcer



Aplikasi yang pertama bernama CrookCathcer atau diartikan "Penangkap Bajingan". Aplikasi anti maling ini bisa mengamankan smartphone kamu dengan sistem kerja mengambil foto orang yang mencoba membuka paksa smartphone anda.

Aplikasi bekerja saat kunci smartphone dibuka paksa, lalu aplikasi mengambil foto pencuri tersebut dan mengirim fotonya ke email yang sudanh kita daftarkan ke CrookCathcer. Bahkan, CrookcCathcer juga akan mengirim lokasi dari smartphone tersebut.



2. Prey Anti Theft



Selanjutnya ada Prey Anti Theft yang berarti "Mangsa Anti Pencurian". Aplikasi ini akan mencegah agar smartphone tidak diakses secara ilegal atau tanpa izin. Dengan begitu, smartphone anda akan memiliki tingakt keamanan yang tinggi.

Aplikasi ini bekerja pada semua sistem operasi utama, sehingga mampu melacak tindakan ponsel dari suatu tempat dan juga bisa mengambil foto saat buka paksa password smartphone. 



3. Third Eye




Sesuai dengan nomor urutnya dan aplikasi ini adalah Third Eye atau berarti "Mata Ketiga". Security App ini akan sangat membantu mencegah pencurian smartphone. Aplikasi ini akan mengambil foto saat ada orang salah memasukkan kode keamanan untuk membuka kunci smartphone. 

Selain mengambil foto saat kunci dibuka paksa, aplikasi anti maling ini juga akan mengirim notifikasi saat smartphone anda dibuka paksa. 




4. Hidden Eye




Masih berhubungan dengan Eye, aplikasi ini bernama Hidden Eye atau berarti "Mata Tersembunyi". Aplikasi Hidden Eye ini memiliki cara kerja yang sama juga dengan aplikasi keamanan smartphone diatas. Hidden Eye akan mengambil foto orang jika ada orang memasukkan passsword salah. 

Hidden Eye juga bisa mengaktifkan alarm keamanan jika ada orang yang memasukkan password salah sebanyak tiga kali. 




5. Lockwacth



Aplikasi keamanan anti maling terakhir adalah Lockwatch, yang mana saya sendiri juga menginstall aplikasi ini di smartphone saya. Cara Lockwacth mengamankan smartphone dari pencuri atau orang yang iseng adalah dengan cara mengambil foto orang yang salah memasukkan password, dan foto tersebut akan dikirim ke email pemilik smartphone yang telah terdaftar di Lockwatch.

Kita bisa mengatur berapa kali kesalahan agar foto bisa dikirim ke email kita. Saya sendiri mengaturnya sekali kesalahan. Maka jika sekali saja salah masukkan password maka Lockwatch akan mengambil foto orang tersebut dan mengirimnya ke email kita. Saya memilih aplikasi keamanan ini juga karena ukurannya yang sangat kecil.



Sekian dari saya tentang aplikasi untuk mengamankan smartphone. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih !


Referensi : https://jalantikus.com/tips/aplikasi-keamanan-foto-maling/










Previous Post
Next Post

0 comments: