Monday 4 March 2019

Belajar MySQL #1 : Cara Install Apache dan MySQL di Windows

Selamat datang kawan-kawan programmer yang budiman, kembali bersama saya ondri nurdiansyah, seorang mahasiswa teknik informatika di salah satu universitas negeri di tanah air. Mahasiswa yang masih mencari jati diri./


Pada postingan ini saya ingin membagikan sedikit pengetahuan saya tentang database atau basis data, yaitu bagaimana cara menginstall apache dan mysql di windows ? Sebelum itu, kita harus mengetahui dulu. Apa itu Apache dan apa itu MySQL ?


Secara gamblang dan sekilas dapat dikatakan bahwa Apache adalah server yang digunakan sebagai tempat meletakkan website kita dan jika menginstall Apache di PC sendiri maka bisa dikatakan kita memiliki server lokal di PC kita atau bahasa gaulnya adalah "localhost". Sedangkan MySQL adalah software yang bertugas untuk mengeksekusi query-query yang kita buat. Dan cara termudah untuk menginstall Apache dan MySQL adalah dengan cara menginstall XAMPP di PC kita. XAMPP adalah software yang berisikan paker apache, mysql, php yang dikhusukan untuk PC Windows. Caranya adalah :


Download XAMPP

Jika anda belum memiliki file installer XAMPP, silahkan download file xampp dahulu di sini. Dan saya sarankan agar anda mendownload XAMPP versi 5.6.40



Klik OK


Klik Next


Klik Next


Pilih Directory

Saya sarankan anda tidak meletakkan folder xampp di direktori C. Karena jika diletakkan di Direktor C maka dikhawatirkan ketika OS anda mengalami Crash dapat menyebabkan data-data projek anda hilang, sehingga lebih baik diletakkan di direktori lain ( Seperti di direktori D)



Klik Next'


Klik Next


Tunggu Proses Instalasi

Finish

Sekianlah sedikit ilmu yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Tolong tinggalkan komentar aaaa.....








Previous Post
Next Post

0 comments: