Tuesday 30 August 2016

Membuat blog

Membuat Blog- Selamat datang gan, kali ini ane bakal mulai
menulis blog lagi. setelah beberapa tahun vacum. Kali ini, ane akan bahas tentang cara ngeblog. Pagi para masta mungkin ini tidak penting lagi, dan bagi agan yang belum tahu semoga postingan ini bermanfaat.

Cara membuat blog yang biasa memang hnya butuh waktu kurang dari 10 menit. Tapi, kali ini ane bakal ngasih tutor bagi yang serius nge blog. langkah- langkahnya yaitu:

                                                
1. Tentukan topik/ tema blog

Kebanyakan blogger pemula sering mengabaikan ini. padahal ini merupakan yang terpenting. Bagaimana memilih topik yang bagus ? jawabannya tergantung dari kesukaan atau kemahiran seorang blogger di suatu bidang.
jika mahir / suka di bidang kesehatan maka fokuskan lah isi blog di bidang kesehatan. jika suka/ mahir di bidang IT maka isi lah blog dengan konten yang berhubungan dnegan IT. Karena beradasarkan pengalaman ane,
dulu ane gx ada nentuin topik tentang blog ane. sehingga ane ngisi nya asal-asalan bsa di bilang " blog gado-gado" :v :v.kalo isinya asal-asalan maka bersiaplah pengunjung tdak akan blog agan. ane bikin blog asal-asalan dan pengunjung blog  ane cman 1,2,3,4 :-( miris kan ? oleh karena itu pilihlah topik sebaik mngkin. pemilihan topik juga berfungsi agar pembaca blog kita tidak bingung dengan apa yang mereka inginkan.


2. Tentukan platform
Setelah memilih topik, maka kita lanjutkan dengan pemilihan platform. Umumnya orang2 mennggunakan blogger atau wordpress. Itu tergantung anda mau memakai yang mana. tapi, dlam postingan kali ini. ane memakai blogger.
                                          

3. Register ke blogger
    
 cara membuat blog di blogger adalah :

    1. cari di google "blogger" ( tanpa tanda kutip)

                                          
    maka akan terliahat seperti gambar di atas. pilih yang paling atas.

    2. pililah "buat akun" atau " create akun"
                                       
                                         

                                               

    3. isi lah formulir tersebut dengan benar dan jangan lupa. anda harus memasukkan nomor telpon yang aktif. karna hal ini sangat berguna saat agan lupa dengan password blogger.
    4. Pilih "blog baru"

                                                                
      Setelah itu akan muncul seperti di bawah ini :
                                             
 Pada kolom judul, agan isi dengan judul  agan inginkan. Pada kolom alamat buat alamat yang akan menjadi alamat blog anda. Almat ini tidak boleh sama dg almat blog yang pernah ada. usahakan namanya tdk terlalu panjang, mudah d sebut dan mudah di ingat. Ini penting, karena pembaca lebih suka membaca hal yang mudah di mengerti.

Lalu pilih template yangs sesuai dg topik blog anda. Agan jg bisa mencari template blog lain di google. Nanti ane bakal ngasih tutornya jg. Stelah semua siap, Klik "Buat Blog" yang ada di kanan bawah.

Nah sekian cara membuat blog. selanjutnya kita membuat postingan pertama kita. Cekidot !!

4. Membuat Postingan

Setelah akun blogger agan siap. Agan bisa mengisi blog agan sekrang. Ingat ! Isi lah sesuai dengan topik/ tema yang telah agan pilih. dan jangan pernah sekali-kali mencopy- paste blog orang lain tanpa mencantumkan sumbernya.
Cara bikin posting adaalah :
    1. masuk ke dashbor blogger. Caranya anda tinggal mngklik Tulisan "Blogger" seperti di bawah ini.
                                                          
    2. pilih "Entri Baru"
                                                                  
    3. nah isilah blog anda di kolom yang telah di sediakan. jangan lupa untuk membuat judulnya.
                                            
  

  4. jika postingan telah siap di tulis. Berilah label postingan tsb, agar mudah di kelompokkan menggunkan widget "label". Serta, agan juga perlu mendeskirpsikan isi pos agan. Agar mdh di temukan oleh mesin pencarian.






Sekian tutor dari ane, semog bermanfaat. kalo ado kslahan mhon d nasehati
Previous Post
Next Post

0 comments: